Read more: Cara Membuat Text Berjalan Di TAB Browser - wIzYuLoVeRz http://wizyuloverz.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-text-berjalan-di-tab.html#ixzz25ytGRM79 Please Attach Sources After Copying Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

Monday, October 14, 2013

Ulasan kata penuh makna “Sipakatau,sipakainge, sipakalebbi “


Sepanjang perjalanan kehidupan didunia telah tercatat jutaan informasi baik itu dalam pikiran manusia sampai pada attitude(sikap) manusia itu sendiri .dan pada dasarnya setiap manusia secara psikologi harus bisa memandang dan ingin dipandang .dalam pengamalanya telah tercatat dalam sejarah sebuah masyarakat yang penuh dengan karifan ,budaya yang esoteris dengan berbagai falsafah yang  pada dasarnya diakui dan diterapkan oleh dunia meski dengan ulasan kata yang berbeda daerah tersebut adalah sebuah kabupaten yang bernama Kabupaten Wajo ,dengan cultur yang kental dan letak yang strategis .
Didalam keseharianya masyarakat kabupaten Wajo dikenal 3 sifat yang bisa menjadi pedoman dalam kehidupan sosial. Ketiga sifat yang dimaksud yaitu sipakatau', sipakainge', dan sipakalebbi.
Secara general sifat tersebut adalah bagian yang selalu menjadi kebutuhan manusia yang didalam teori yang dicetuskan oleh Abraham Maslow juga memuat makna yang sama terhadap kearifan sifat dari masyarakat Bugis tersebut .
Nah lanjut……..
Dalam penjelelasanya ketiga sifat atau karakteristik tersebut terdiri dari :
1.Sipakatau
Nah mungkin anda tidak mengerti tentang arti makna kata diatas namum pasti anda pernah mengalami hal ini , pernah kah anda pada suatu kondisi atau keadaan disaat anda berkomunikasi dengan seorang yang memiki status yang lebih tinggi ( pejabat,orang kaya de.el.el) mungkin saja ada kata disetiap perkataan mereka yang membuat anda merasa tidak nyaman,kata-kata tersebut yah tentu kata-kata yang merendahkan anda ,yang menganggap  bahwa anda bukanlah siapa-siapa disbanding dia ,hal tersebut akan sangat terasa menyakitkan dan anda pasti merasa bahwa mereka memandang anda sangat-sangat tidak pantas karena anda merasa bahwa anda sama-sama manusia ,mahluk ciptaan Allah swt. Nah rasa sakit hati anda tersebut mengartikan bahwa anda ingin dipandang sebagai manusia yang selayaknya . secara psikologi setiap manusia ingin dipandang sebagaimana esensi dan eksistensi penciptaanya ,hal ini sama dengan teori Maslow tentang Kebutuhan Harga diri maka dari itu didalam Suku Bugis dikenal kata Sipakatau yang secara sederhana merupakan sifat untuk memandang manusia seperti manusia. Maksudnya dalam kehidupan sosial kita selayaknya memandang manusia seperti manusia seutuhnya dalam kondisi apapun. Pada intinya kita seharusnya saling menghormati sesama manusia tanpa melihat dia miskin atau kaya atau dalam keadaan apapun.
Dan selanjutnya …..

2.Sipakainge ,
Lah apa lagi ini ? maksudnya  ? itu adalah pertanyaan oleh anda yang bukan suku bugis hal ini wajar-wajar saja karena anda belum saya ulaskan tentang makna kata tersebut , baik disimak baik-baik yah , kembali saya bercerita , pernahkah anda disaat berdiri didepan teman-teman kelas,kantor,masyarakat de.el.el anda yang sedang berbicara atau berpidato kepada orang-orang yang berada didepan anda , kemudia diakhir pembicaraan anda mengatakan “ segala kekurangan ,kesalahan baik dari sikap atau perkataan saya memohon maaf” ? tahu kah anda makna dari kata-kata tersbut ? yah jelas ,maknanya adalah anda sadar bahwa anda adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan untuk bisa menjadi lebih baik anda harus bersosialisasi dan membutuhkan peringatan,kritikan dan saran dari manusia lainya yang pada dasarnya menjadi bahan bagi anda untuk meningktkan kaualitas diri anda .nah dapat anda simpulkan sendiri bahwa membutuhkan pengingat dari orang lain dan inilah yang disebut SIPAKAINGE, merupakan sifat saling mengingatkan yang harus dimiliki oleh setiap manusia demi keseimbangan kehidupan didunia ini dan untuk menuju kehidupan kekal yaitu akhirat
Sipp ,pasti anda mulai mengerti makna dari sifat kedua ,kita lanjut ke sifat ke tiga
3.Sipakalebbi,
Yah seperti cerita saya pada bagian yang pertama bahwa manusia itu memiliki kabutuhan dasar diantaraya rasa untuk tidak direndahkan atau dengan kata lain rasa ingin dihormati,dihargai dan disamakan .nah karena hal ini juga sehingga ada lembaga yang khusus menegakkan kebutuhan tersebut lembaga itu di Indonesia dikenal dengan KOMNAS HAM  lembaga yang menjadi penegak atas hak asasi yang dimiliki manusia sejak manusia itu lahir sampai maninggal dunia ,tapi gak sampe akhirat kok heheheheh juskid !! hal itu membuktikan bahwa manusia memiliki sifat untuk ingin dihargai dan inilah yang dikenal didalam budaya bugis disebut dengan sifat SIPAKALEBBI, sifat yang melarang kita melihat manusia dengan segala kekurangannya. Seperti mengingat kebaikan orang dan melupakan keburukannya. Manusia memiliki naluri yang senang di puji, jadi saling memuji dapat menjernihkan suasana dan mengeratkan tali silaturahmi.

Nah itu tadi tiga sifat luhur dari suku bugis yang selalu menjadi falsafah kehidupan keseharian masyarakat Kabupaten Wajo khususnya .hal ini memberikan bukti bahwa jauh sebelum munculnya teori-teori yang ada pada scientology,psikologi de.el.el . orang bugis telah menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya sehingga dapat saya katakana bahwa suku bugis pada dasarnya adalah sumber ilmu falsafah yang kompleks.

Sekian tulisan saya pada sesi ini semoga bermanfaat .:) jangan lupa koment and votenya , salam hormat,bahagia dan mulia kepada semua rekan-rekan pembaca J


4 comments:

  1. terima kasih atas infonya mas broo, mantap dahh

    ReplyDelete
  2. wahh postinganya bagus brader :) , thanks

    ReplyDelete
  3. terima kasih bro, postinganya guna tuh supaya kearifan sikap orang bugis bisa lebih dikenal

    ReplyDelete