Read more: Cara Membuat Text Berjalan Di TAB Browser - wIzYuLoVeRz http://wizyuloverz.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-text-berjalan-di-tab.html#ixzz25ytGRM79 Please Attach Sources After Copying Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

Friday, October 4, 2013

Proses Belajar


ini adalah postingan singkat dari saya tentang bagaimana sih proses belajar Manusia itu sehingga dia sampai tahap bawah sadarnya . artikel ini tidak akan banyak membahas secara detailnya bagaimana anda mengoptimasikan cara belajar anda tapi artikel ini hanya bisa memberikan anda beberapa kesadaran tentang proses belajar anda selama ini .

banyak diantara kita yang sering mengeluh dengan kata belajar karna telah tersave dalam bawah sadar kita bahwa belajar itu membosankan karena harus menghafal ,mengerti,memahami ,mempraktekan sam menjadikanya terbiasa dalamkehidupan kita . mungkin saja anda pernah mengalami hal tersebut ,misalkan disaat pengumuman hasil ujian dan ternyata nilai kita wah anjlok hanya dapat nilai pas-pasan yaitu 6,dan ternayata teman-teman kita dapat nilai yang lebih baik yaitu diatas nilai standar ( 7  ) ,disaat itu kita seringkali berfikir "Saya harus belajar saya harus lebih baik ,saya tidak ingin dapat nilai begini ,pulang nanti saya harus lebih giat belajar " dan disaat anda pulang kerumah bertemu keluarga,TV,PS.HP De El El secara otomatis semangat dan tekad besar tadi untuk belajar tiba-tiba menghilang . pernah tidak anda mengalami hal yang hampir sama dengan ilustrasi diatas ? 

dalam proses penyimpanan informasi ada berbagai proses yang sangat teratur bekerja sehingga ada informasi yang mengalami Deletion,Destorsi dan Generalisasi sampai yang lolos filter menjadi Believe dan akan direpresentasekan kembali .dan hal demikian sangat penting anda pelajari sehingga dapat mempermudah anda dalam proses belajar anda !

Lanjut..
Secara singkat proses manusia belajar akan melalui beberapa tahapan :
1.Unconscious - Uncompeten ( Tidak Sadar Kalau dia belum bisa )
2.Conscious - Uncompeten ( Sadar kalau dia belum bisa )
3.Conscious - Competen  (Sadar kalau sudah bisa )
4.Unconscious - Competen (tidak sadar lagi kalau dia sudah mahir )

untuk memahami hal baru ,setiap orang akan melewati keempat tahapan ini .misalkan saja ,apa anda masih ingat diwaktu anda masih baru lahir sampai anda bisa seperti sekarang ini ? wah pasti lupa-lupa ingat ! 
tapi pasti anda akan menyadarinya kembali diwaktu anda masil bayi ,anda sama sekali tidak tahu apa yang orang-orang lakukan (Unconscious-Uncompeten),anda tidak pernah menyadari kekurangan anda ,apa yang tidak bisa anda lakukan dalam hal ini anda belum bisa berjalan seperti orang pada umumnya . kemudian anda tumbuh lebih besar lagi sehingga anda mulai sadar jika orang disekitar anda ternyata mampu melakukan hal yang tidak bisa anda lakukan yaitu berdiri dan berjalan (Conscious -Uncompeten) ,sehingga hal tersebut memberikan motivasi kepada diri anda untuk mampu juga berdiri dan berjalan kemudian anda mulai berusaha dari merangkak ,dengan gigihnya terus berusaha sampai ingin berdiri ,meski jatuh bangun ,pantat tepos terbentur lantai, anda terus berusaha hingga usaha anda berhasil, anda dapat berdiri dan mulai berjalan dengan sadar anda tahu bahwa anda sudah bisa ( Conscious -Competen ).dan seiring anda tumbuh dan berkembang anda semakin mahir berjalan sampai anda mampu untuk berlari .dan diusia anda yang sekarang anda telah mahir berjalan  tampa anda sadari lagi hal tersebut (Unconscious -Competen ) . nah seperti itu proses belajar dari manusia ,dan akselerasi dalam melalui hal tersebut dapat dilakukan dengan banyak memberdayakan potensi otak .

0 comments:

Post a Comment