Read more: Cara Membuat Text Berjalan Di TAB Browser - wIzYuLoVeRz http://wizyuloverz.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-text-berjalan-di-tab.html#ixzz25ytGRM79 Please Attach Sources After Copying Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

Monday, October 14, 2013

System Pemerintahan Indonesia dan Malaysia "Analisis Penerapan"


Tulisan saya kali ini  khusus membahas tentang pandangan personal saya terhadap system Pemerintahan Indonesia yang harus banyak belajar dari penerapan dari Negara-negara berkembang lainya dalam hal ini yang saya angkat terhadap Negara yang menjadi musuh bebuyutan Indonesia yaitu Malaysia .saya mengatakan musuh bebuyutan Karena sudah beberapa kali kedua Negara ini mengalami sengketa selain berhubungan dengan ketatanegaraan dilapangan sepak bola pun kedua Negara ini menjadi musuh bebuyutan . pada tulisan saya ini bukan saya mengangkat kekurangan Indonesia dan kelebihan Malaysia melainkan saya hanya mengulas apa yang bias kita pelajari dri system pemerintahan Malaysia agar Indonesia bisa menerapkanya juga dan tentunya yang diterapkan adalah hal-hal yang baik dan sesuai dengan kondisi Negara kita sendiri . Tulisan ini saya tulis untuk penunjang terhadap tugas Mata Kuliah “Pemerintahan Daerah”
Lanjut………
Saya secara sederhana memandang bahwa system pemerintahan di Indonesia sudah sangat kompleks dan sangat baik namum dalam penerapanya telah diperhadapkan dengan berbagai macam masalah yang membuat system itu mengalami destorsi sehingga muncul asumsi dari masyarakat yang kurang paham akan system itu bahwa “ system pemerintahan Indonesia itu buruk” nah pada kesempatan ini hal tersebutlah yang akan saya bahas dan semoga tulisan saya ini dapat memberikan informasi yang positif dan bisa segera disadari oleh Negarawan-negarawan kita .
Sistem Pemerintahan dari Awal Kemerdekaan
Sistem Pemerintahan Indonesia pada waktu awal kemerdekaan menganut sisten pemerintahan presidensial.
Berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 maka Presiden memiliki kekuasaan tertinggi dan dibantu oleh menteri-menteri sebagai pembantu presiden yang diangkat dan diberhentikan oleh Presiden dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Pada tanggal 12 September 1945 dibentuklah Kabinet Presidensial( Kabinet RI I) dengan 12 departemen dan 4 menteri negara. Selain itu wilayah Indonesia yang begitu luas dibagi menjadi 8 provinsi dan 2 daerah istimewa yang masing-masing wilayah dipimpin oleh gubernur.meski sampai sekarang system pemerintahan Indonesia adalah Presidensial namum pernah tercatat dalam sejarah bahwa Indonesia juga pernah menggunakan system pemerintahan Parlementer seperti yang dilaksanakan oleh Malaysia pada saat ini .

Sistem Presidensial pernah berganti Sistem Parlementer yang dipimpin oleh kepala pemerintahan Perdana Menteri. Perdana Menteri Pertama Indonesia adalah Sutan Syahrir. Berubahnya sistem pemerintahan di Indonesia pada saat itu adalah pengaruh kuat dari kaum sosialis (KNIP). Selain itu Indonesia pada awal kemerdekaan juga masih belajar tentang bagaimana menjalankan pemerintahan. Dengan sistem parlementer ini maka Di Indonesia saat itu memiliki DPR yang anggotanya dipilih oleh rakyat. Sistem ini juga memungkinkan adanya banyak partai. Maksud dari sistem ini adalah untuk membatasi kewenangan presiden. Jika pada sistem presidensial kabinet bertanggungjawab kepada presiden maka sistem parlementer, Presiden bertanggungjawab kepada parlemen/DPR.
Sebenarnya sistem parlementer ini adalah sebuah penyimpangan ketentuan UUD 1945 yang menyebutkan "pemerintahan harus dijalankan menurut sistem kabinet presidensial, dimana menteri sebagai pembantu presiden".
Karena sering mengalami kegagalan kabinet, dan banyak menimbulkan gerakan-gerakan pemberontakan yang menyebabkan stabilitas negara terganggu, Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit pada 5 Juli 1959 yang isinya antara lain mengembalikan konstitusi ke UUD 1945 dan bentuk pemerintahan kembali ke sistem presidensial.

Berdasarkan catatan sejarah tersebut sangat jelas bahwa secara sederhana Indonesia telah melakukan tahap penjajakan terhadap system pemerintahan yang ingin diterapkan dan pada akhirnya menetapp di syste pemerintahan Presidensial meski pada rana sekrang ini sudah mengalami destorsi dalam penerapanya .nah menganalisis system pemerintahan yang diterapkan oleh Malaysia yaitu Parlementer ,mungkin anda juga bisa menilai bagaimana tingkat perkembangan Negara tersebut sampai saat ini . tentu dengan penerapan yang baik dari system parlementer oleh rakyat Malaysia sehingga Malaysia bisa dikatakan sudah melangkah lebih maju disbanding Indonesia .dengan kelebihan dari system parlementer yang terdiri dari :
1.      Pengaruh rakyat terhadap politik yang dijalankan sangat besar sehingga suara rakyat sangat didengarkan oleh parlemen ,dengan demikian pihak pemerintah tidak bisa melakukan intimidasi dan interpensi terhadap kepentingan masayrakat hal ini tentu memberikan penekanan jelas terhadap peran serta masyarakat dalam pemerintahan ,sehingga pencapaian masyarakat adil,makmur lebih general
2.      Dengan adanya parlemen sebagai perwakilan rakyat maka pengawasan pemerintah dapat berjalan dengan baik,hal ini telah dibuktikan oleh Negara Malaysia dimana pelaksanaan tugas dan fungsi parlemen berjalan sangat baik sehingga pelaksanaan pemerintahan juga berjalan sesuai dengan harapan masyarakat
3.      Pembuat kebijakan bisa ditangani secara cepat sebab gambang terjadi penyesuaian pendapat antara eksekutif & legislatif. Hal ini disebabkan kekuasaan eksekutif & legislatif berada pada satu partai atau koalisi partai.
4.      Sistem pertanggungjawaban dalam pembuatan dan juga pelaksanaan kebijakan publik sangat jelas.

Nah beberapa hal diataslah yang menjadi kunci keterbelakangan system pemerintahan yang ada di Indonesia yang mestinya harus ada pembehanan .seperti halnya kekurangan yang ada pada system presidensial dimana :
1.      Pengawasan rakyat lemah
2.      Pengaruh rakyat dalam kebikajan politik negara kurang mendapat perhatian
3.      Kekuasaan eksekutif diluar pengawasan langsung badan legislatif sehingga dapat menimbulkan kekuasaan mutlak
4.      Sistem pertanggungjawaban kurang begitu jelas
5.      Pembuatan keputusan/kebijakan publik umumnya hasil tawar-menawar antara eksekutif & legislatif sehingga dapat terjadi keputusan tidak tegas & memakan waktu yang lama.

Hal diatas harusnya menjadi pertimbangan untuk pembenahan terhadap system pemerintahan kita dan  secara pribadi saya juga melihat kekurangan itu juga terletak pada factor psikologi pelakunya dikarnakan adanya rasa kebebasan dari wewenangnya sehingga muncul perasaan dan attitude yang ingin menguntungkan dirinya sendiri ataupun keluarganya maka dari itu terjadi senyimpangan sampai ke badan hukum tertinggi dan katanya juga terhormat pun kini sudah terjadi truble dan itu memalukan bagi bangsa ini.
Yah secara singkat yang bisa saya sampaikan tentang TUGAS ini bahwa Indonesia harus bisa melakukan Filter terhadap hal-hal yang titerapkan di Pemerintahanya tidak ada salahnya memunculkan system yang sifatnya memiliki penekanan terhadap pelaksanaanya.dan bukan karena saya memihak atau mendukung terhadp Negara Malaysia akan tetapi saya hanya mengangkat sample agar Indonesia bisa banak belajar terhadap Negara tersebut “ Belajar Bukan Berarti meniru “ dalam kata lain harus melakukan analisis dan peninjauan kembali terhadap pelaksanaan system tersebut .
selain keseluruhan hal diatas Indonesia harus juga belajar dari pemerintah malaysia yang sangat menghargai karya Rakyatnya hal tersebut tentu menjadi faktor yang membuat perekonomian malaysia semakin baik ,pendapatan perkapita rakyatnya yang sudah tinggi , contoh terkecilnya adalah pemerintah malaysia bangga dalam menggunakan produk dari rakyatnya sendiri dibandingkan dengan pemerintah indonesia yang bangga dengan produk  luar negri ,untuk membaca tulisan tentang "indonesia harus belajar dari bapakku Jokowi dan TKI/TKW"


Terima kasih kepada teman-teman atas kunjunganya dan salam pembelajar buat anda semua, J

10 comments:

  1. makasih bro sdh share penjelasannya sangat rasional

    ReplyDelete
  2. wahh bener tuh ,harus ada revitalisasi terhadap system agar bisa melahirkan system yang lebih kompleks agar Indonesia bisa lebih baik ,

    ReplyDelete
  3. bener tuh bro ,harus ada usaha untuk meninjau kembali apa yang kurang pada negeri ini sehingga sampai sekarang seperti ini yg terjadi ,KKN dalam pemerintahan menjadi sebuah kebiasaan

    ReplyDelete
  4. yak sipp mas firman dan
    bang rifky :) wah nama akunya keren hahahahah

    ReplyDelete
  5. setuju, negara ini butuh pencerahan dalam mengelola sistem pemerintahanya , karena selama ini toleransi kearah yg tidak benar banyak terjadi

    ReplyDelete
  6. sip sip .........terima kasih atas supportnya

    ReplyDelete
  7. alhamduillah ,.......hahahahahah

    ReplyDelete
  8. mantapppp...... bradeerr...,, llanjutkannnn

    ReplyDelete