Read more: Cara Membuat Text Berjalan Di TAB Browser - wIzYuLoVeRz http://wizyuloverz.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-text-berjalan-di-tab.html#ixzz25ytGRM79 Please Attach Sources After Copying Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

Tuesday, February 5, 2013

Mobile Broadband Tomaradeka ( Epistimologi Mobile Broadband )


Assalamu Alaikum Wr.Wb
Salam jumpa buat semua temen-temen blogger  di seluruh Nusantara ,kali ini saya post hal yang begitu subtantif bagi temen-temen smua yaitu hal yang  masih ada kaitanya dengan Internet ! coba kita bayangkan apa jadinya jika tidak ada Internet ? apakah manusia masih bisa mengakses dunia yang lebih luas lagi ? Berapa banyak orang yang mata pencarianya di Dunia Internet dan perangkat-perangkatnya ? maka dari itu kali ini saya lebih menitik beratkan pembahsan pada   Mobile Broadband . Nah pasti ketika mengdengar kata Mobile yang ada dipikiran kita  pasti subuah alat tehnologi yang ada diera modernisasi ini yang fungsinya lebih pada alat penghubung baik telekomunisasi atupun penghubung lainya yang memiliki bentek relatif sederhana(Mini) dan dapat dipindah-pindahkan atau dibawah kemana-mana  . dan kata Broadband secara harfiah (bahasa ) dan terminologinya berasal dari dua suku kata yaitu “Broad” dan “Band”. Broad artinya lebar atau luas dan Band artinya pita atau jalur. Jadi bisa diartikan  broadband adalah  jalur menuju hal yang lebih luas dalam hal ini (Internet ). 

      Mobile Broadband dapat kita artikan sebagai suatu bentuk hasil karya modernisasi tehnologi yang memiliki eksistensi atau bentuk yang simple dengan kegunaan sebagai media akses atau jalur menuju dunia yang lebih luas lagi dengan media Internet  , yang hakikat keberadaanya untuk membantu manusai dalam berkomunikasi  dan berkreasi baik itu berupa  pengembangan terhadap ilmu produktif,teoritis dan ilmu praktis . nah saya kira temen-temen sudah ada sedikit gambaran mengenai Mobile Broadband dan selanjutnya saya akan mengangkat sebuah epistimologi (Pengetahuan ) yang lebih mendalam mengenai Mobile Broadband  Tomaradeka , Pasti temen-temen bertanya lagi loh apa lagi tuh Mobile Broadband Tomaradeka ? nah saya sedikit kembali membahas arti kata lagi yaitu Tomaradeka  ,Tomaradeka adalah sebuah terjemahan dalam Bahasa Bugis yang dalam arti bahasa Indonesia adalah orang yang terbebas dari sebuah problematika (Merdeka ) dan kaitanya dengan Mobile Broadband  lebih cenderung karna  menjadi keyword di lomba menulis yang di adakan oleh Komunitas Blogger Wajo pada tanggal 03 Februari 2013 selain itu jika dikaitkan dengan subuah jawaban Ilmiah kita dapat nenafsirkan Mobile Broadband Tomaradeka  Sebagai suatu bentuk kebebasan Manusia dalam mengakses jaringan yang lebih luas dengan media internet . 

 Ada dua macam Broadband yaitu  Broadband Wireless dan Mobile Broadband ,Teknologi Mobile Broadband Wireless yang di optimalkan dapat memiliki akses internet lebih cepat bila unit akses bergerak pada kecepatan yang lebih tinggi. Contohnyam teknologi 3G seperti Code Division Multiple Access Wideband (CDMA), High Speed Downlink Packet Access (HSDPA), High Speed Packet Access (HSPA +)   .Wireless Broadband dan Mobile Broadband menawaran  akses internet kecepatan tinggi kepada pengguna ( user ) dan yang menjadi Perbeda antara Wireless Broadband dengan Mobile Broadband hanya  dimana anda dapat mengakses internet. Broadband Wireless hanya membutuhkan air interface untuk menyediakan akses internet kecepatan tinggi untuk lokasi tertentu, dan tidak mempertimbangkan kemampuan pengguna untuk bergerak ketika memiliki konektivitas broadband sehingga fleksibilitas untuk bergerak dengan wireless broadband yaitu terbatas. Contohnya yaitu menggunakan Wi-Fi dan teknologi WiMax.Sebaliknya Mobile Broadband memungkinkan pengguna mengakses internet saat bepergian, atau dari lokasi yang berbeda seperti dari rumah, Sekolah, dll. Mobilitas atau kemampuan untuk mengakses internet kecepatan lebih tinggi dari lokasi yang berbeda disebabkan kemampuan teknologinya ( misalnya 3G dan 4G ), atau karena peraturan yang diberlakukan oleh regulator seperti DSL.

       Setelah mengerti Epistimologi(Pengetahuan ) tentang Mobile broadband selanjutnya kita perlu mengetahui bagaimana tingkat urgency keberadaan Mobile Broadband karna Melihat kondisi sekarang yang sudah memasuki peradaban yang sangat modern khususnya didunia  Internet dimana semakin tingginya permintaan masyarakat terhadap kebutuhan jasa/layanan Intenet salah satunya dengan Mobile Broadband  dan itu menjadi pemacuh terhadap  Perusahaan yang menawarkan  Mobile Broadband  sehingga memunculkan  jenis-jenis Mobile Broadband yang baru seperti GPRS, UMTS, HSDPA, EV-DO,dan lain sebagainya dengan paket-paket kecepatan tinggi dan  harga yang terjangkau . dengan terjangkaunya harga Mobile Broadband menjadi hal positif bagi masyarakat karna mengingat urgency atau intensitas pentingnya akes terhadap internet itu sangatlah tinggi dimana dengan adanya internet manusia dapat mengetahui ,mengakses dan menjelajahi dunia yang lebih luas lagi diluar dunia nyata ,selain itu juga memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak orang yang berkompetensi terhadap dunia Interner  , maka dapat kita simpulkan bahwa tingkat unrgency Mobile Broadband sangatlah tinggi untuk kehidupan Manusia meski disisi lain manusia harus baik dalam mengunakanya karna internet itu.

      dan Akhir dari tulisan saya ini saya mengharapkan agar semua temen-temen yang membaca bisa mengerti tentang Mobile Broadband dan dapat menggunakanya secara bijak perangkat tersebut untuk mengakses Internet secara Positif .dan pada dasarnya saya pribadi selaku manusia biasa emohon maaf dikalah ada tulisan saya yang tidak berkenang ,saya memohon saran ,kritikan dan komentar dari teman-teman pembaca .


Wassalamu Alaikum Wr.Wb .


      

Komunitas Blogger Wajo

2 comments: