Read more: Cara Membuat Text Berjalan Di TAB Browser - wIzYuLoVeRz http://wizyuloverz.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-text-berjalan-di-tab.html#ixzz25ytGRM79 Please Attach Sources After Copying Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

Wednesday, February 6, 2013

Esensi dan Eksistensi dalam Menulis ( Kiat menjadi penulis cerdas )

Esensi dan Eksistensi dalam Menulis 


Ditulis Oleh : Amran

                                                           Asalamu alaikum wr.wb
Salam jumpa lagi buat sahabat blogger ,kali ini saya ingin sedikit beapresiasi masalah bagaimana esensi dan eksistensi karangan atau tulisan pada subuah blog ! agar dikalah kita membaca ataupun menulis di blog kita dapat menganalisis secara baik subtansi pada tulisan tersebut , maka dari itu saya menulis arikel ini  . dan selain itu agar sebuah blog bisa menarik pengunjung hal ini pula yang harus dilakukan ,yakni bisa menempatkan sebuah tulisan denga baik dan benar salah satu caranya yang analisis dulu sebelum diposting .nah cara untuk menganalisis pasti  harus tau dulu bagaimana esensi dan eksistensi sebuah tulisan atau karangan . meski banyak tuh sahabat blogger yang hanya copas (copy & paste ) huff copas bisa aja sih tapi copas tidak menghadirkan kreatifitas sahabat blogger malah menjadikan diri sobat sebagai hekler ,hm copas bisa aja sih asal copasnya yang wajar-wajar misalnya copas link download atau referensi sebuah bacaan baik dari website,blog,atauu buku . jika tidak bisa ngarang atau buat bacaan yang implementasinya dapat dipertanggungjawabkan setidaknya ngedit dululah sebelum di pots hehehehe !! 

Lanjut sebelum kita masuk terhadap bagaimana pandangan saya terhadap esensi dan eksisten sebuah tulisan baiklah saya ingin kemukakan sedikit tentang arti esensi dan Eksistensi dimana  Esensi berarti hakikat, inti, atau hal yang utama yang bersumber dari dasar pemikiran ilmiah sedangkan eksistensi berarti keberadaan atau bagaimana  ada dengan kata lainwujud subtantif dari sesuatu dan Tulisan ,tulisan merupana sebuah bentuk promis yang dituangkan dalam media berupa susunan kata yang terbentuk dalam kalimat dan paragraf sehingga lebih komplit , namum dalam membuat sebuah tulisan subtansinya harus bisa dipertanggungjawabkan dan bisa dimengerti serta diterima oleh pembaca ,karna apabila sebuah  tulisan berasal dari sumber kebohongan atau yang menyesatkan ,itu  bisa menimpulkan prahara yang kontradiksi (terjadi pertentangan) ,sehingga kadang ada tulisan yang mendapat kecaman atau di cegal oleh pihak -pikah yang merasa diintimidasi atau dirugikan .

nah untuk membentuk sebuah hasil karya tulisan yang baik kita harus bisa menempatkan segalah kaidah-kaidah penulisan pada tempatnya sebelum kita menulis ,dan dibawah ini saya pribadi menuankan hasil analisi saya terhadap Esensi  langkah penulisan yang terdiri dari 4 langkah yakni :


  1. anda harus bertanya pada diri anda sendiri , Apakah anda ingin menjadi penulis, ataukah anda ingin menulis? kalau dicermati kedua pertanyaan itu sangatlah berbeda dimana  Menjadi penulis adalah sebuah angan-angan, sedangkan menulis adalah sebuah kerja keras. Jika Anda menunggu waktu dan tempat yang tepat untuk memulai menulis, Anda tak akan pernah tahu kapan Anda bisa melakukannya. Jangan menunggu sampai anak-anak masuk sekolah atau sampai Anda memiliki komputer. Untuk menjadi seorang penulis, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menulis sekarang juga. Tidak ada waktu yang lebih baik lagi untuk mulai karena menunggu hanyalah sebuah alasan untuk menghindari kegagalan
  2. Banyak baca artikel atau buku tentang bagaimana langkah -langkah penulisan agar kemampuan anda terus ter asah dan lebih berkompeten lagi sehingga pada saat anda action untuk menulis semua akan terasa mudah saat anda melakukanya 
  3. Pilih secara saksama topik Anda. Apa yang Anda tulis lebih penting dari keterampilan menulis Anda. Topik Anda harus bisa dijual atau bisa menarik perhatian pembaca . Pastikan apakah artikel yang Anda buat sesuai dengan minat pembaca media yang Anda tuju. Apa yang membuat Anda memenuhi syarat untuk menulis artikel macam itu? Apakah Anda memang menguasai bidang itu ataukah Anda akan mewawancarai para ahlinya? Apakah topik Anda menyoroti hal yang belum pernah dibahas sebelumnya atau apakah Anda sudah mempunyai sudut pandang yang baru tentang topik tersebut? Apakah Anda mengajarkan pembaca sebuah keterampilan yang selama ini mungkin harus mereka bayar untuk mendapatkannya? Apakah informasi yang Anda berikan akan mampu menguatkan pembaca? Jika Anda tidak dapat memenuhi paling tidak salah satu dari syarat-syarat di atas, maka yakin tulisan anda tidak akan mendapat seorangpun pembaca
  4. Analisis Ulang tulisan anda ,baik  analisis dari diri anda ataupun mintalah pada teman anda untuk membantu anda dalam menganalisis tulisan anda ,siapa tahu ada hal yang bisa ditambahkan ataupun diperbaiki agar tidak terjadi kekeliruan .

Selanjutanya dalam eksistensinya saya memberikan sedikit argumentasi lagi agar Tulisan kita dapat menarik minat  pembaca yakni  :

1. Setelah tulisan  anda sudah selesai dianalisis maka  anda lanjut dengan memposting tulisan anda baik itu di   
   blog,web dan media lainya .

2. Setelah tulisan anda terposting anda harus giat mempromosikan tulisan anda tersebut misalnya dengan 
    membagikan alamat URL potingan anda itu di media Facebook,Twitter dan lain sebagainya . 


nah itulah sedikit pemikiran saya mengenai esensi dan eksistensi Sebuah Tulisan di Blog semoga bermanfaat bagi sahabat semua dan terkhir dari saya  saya ingin mengatakan " Pembaca yang baik adalah pembaca yang bisa mengerti dan bisa menganalisis  kekurangan sebuah bacaan maka dari itu saya mengharap kritik dan saran dari temen-temen ataupun sekedar komentar tanggapan mengenai Tulisan Saya ini "

salam buat tema-teman dan sampai jumpa pada Tulisan saya berikutnya !! 

wassalam,

0 comments:

Post a Comment