Read more: Cara Membuat Text Berjalan Di TAB Browser - wIzYuLoVeRz http://wizyuloverz.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-text-berjalan-di-tab.html#ixzz25ytGRM79 Please Attach Sources After Copying Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

Thursday, February 14, 2013

Desa Wajoriaja,Kabupaten Wajo - Sulawsi Selatan


Desa Wajoriaja merupakan salah satu desa di Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Desa ini terletak diujung Utara kecamatan Tanasitolo dan berbatasan langsung dengan kecamatan Tempe kabupaten Wajo. Jarak desa Wajoriaja dengan ibu kota kecamatan Tempe (Kelurahan cempalagi) ± 1 KM, dan jarak antara desa Wajoriaja dengan desa Mario ± 2,4 KM. Sebagian besar areal di desa ini adalah persawahan dan perkebunan, dengan hasil bumi berupa padi, kacang hijau dll. Selain itu pendapatan sehari-hari penduduk setempat diperoleh dari usaha Pertanian.
 Kondisi tanah desa Wajoriaja merupakan tanah pegunungan dan perbukitan dengan luas wilayah 10,25 km2 terbagi atas 2 Dusun dengan rincian sebagai berikut:
  1. Dusun Totinco, di kepalai oleh Arifin
  2. Dusun Data alau, di kepalai oleh Muh. Sakir
            Adapun batas-batas Desa Wajoriaja yaitu:
  1. Di sebelah Utara berbatasan dengan Desa Mario
  2. Di sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan cempalagi kec.tempe
  3. Di sebelah Barat berbatasan dengan Ujung baru & assorajang
  4. Di sebelah Timur berbatasan dengan Desa Wettuo

Desa Wajoriaja didiami oleh penduduk dengan jumlah 1923 jiwa yang terdiri atas Dusun Totinco dengan jumlah 1324 jiwa dan Dusun Data alau dengan jumlah 599 jiwa. Penduduk Desa Wajoriaja umumnya didominasi oleh etnis Bugis, selain itu terdapat juga etnis jawa dan etnis lainnya. Meskipun terdapat beberapa etnis akan tetapi tidak mengurangi hubungan sosial mereka bahkan berbaur, bersatu, dan bahu membahu untuk memajukan Desa Wajoriaja. Mata pencaharian penduduk beragam mulai dari, petani, pekebun, pembuat batu bata, dan penenun, namun adapula yang bergerak di sektor jasa dan perdagangan wirausaha serta pegawai negeri sipil.  Sebagai mata pencaharian utama warga yaitu Petani.
Secara umum tingkat produktifitas masyarakat cukup baik terutama di bidang peetanian, hal ini didukung oleh letak geografis yang baik sehingga menjadikan daerah ini sebagai salah satu wilayah penghasil beras, yang cukup baik di kecamatan Tanasitolo. Sebagian besar lahan di desa ini dimanfaatkan untuk pembuatan batu bata, pemukiman,  perkebunan, dan sisanya merupakan pemanfaatan lahan untuk pertanian. Curah hujan di wilayah desa ini cukup tinggi. Secara umum infrastruktur di Desa Wajoriaja sudah cukup baik seperti Pembangunan layanan untuk masyarakatnya dan transportasi yang cukup memadai sehingga tidak sulit jika ingin melakukan perjalanan ke daerah ini. Meskipun demikian, jalanannya belum beraspal sehingga sulit untuk dilalui .
            Desa Wajoriaja memiliki sejumlah sarana pendidikan yakni 2 unit SD, 1 unit MDA dan 2 unit PAUD (TK). Secara umum sarana pendidikan ini sudah memadai. Sarana lain yang terdapat di desa ini yaitu sarana kesehatan dimana terdapat 1 buah Puskesmas desa (PUSKESDES), POSYANDU yang digunakan untuk melayani kesehatan warga. Sedangkan untuk sarana olahraga seperti lapangan sepak bola juga telah memadai yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan keolahragaan. Untuk kegiatan sarana ibadah, terdapat 3 buah masjid  yang semuanya berfungsi dengan baik

buat yang ingin lihat data penduduk desa wajoriaja klik  Data Penduduk Desa Wajoriaja

0 comments:

Post a Comment