Read more: Cara Membuat Text Berjalan Di TAB Browser - wIzYuLoVeRz http://wizyuloverz.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-text-berjalan-di-tab.html#ixzz25ytGRM79 Please Attach Sources After Copying Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

Tuesday, October 8, 2013

Tentang NLP


NLP adalah kependekan dari Neuro Linguistik Programming. Teknik NLP ini dikembangkan oleh seorang ahli Matematika/Computer Programming (Dr. Richard Bandler) dan seorang Profesor Linguistik (Dr. John Grinder)
Sepemahaman saya, konsep ini berarti bagaimana memprogram atau memodifikasi sistem syaraf dengan menggunakan bahasa yang tepat untuk meningkatkan kemampuan dalam mengubah, mengadopsi, atau pun menghapus perilaku sesuai keinginan serta meningkatkan kemampuan untuk memilih sendiri kondisi mental, emosional, dan fisik.
Ibaratnya begini, saat kita mengoperasikan komputer, biasanya menggunakan buku manual kan. Misalnya, buku manual office, corel draw, photoshop, dll. Nah, NLP adalah manual program otak kita.
Metafora program ini menjadi menarik  karena sebuah program tentu dapat di-instal, di-uninstal, di-recode, dan di-reinstal. Berbagai perilaku, kemampuan, keyakinan, dan nilai-nilai yang kita miliki bisa diubah sesuai dengan manfaat yang diberikannya.
Ketika, misalnya, sebuah keyakinan sudah kadaluarsa, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tetap mempertahankannya.
Dan ketika kita membutuhkan kemampuan baru, maka tidak ada alasan untuk tidak segera menginstal kemampuan yang baru. Dan seterusnya.
Maka mempelajari NLP akan membuat kita sadar mengapa kita menjadi seperti sekarang dan bagaimana supaya bisa menjadi seperti yang kita inginkan.
Telusurilah kata-kata yang pernah di-instal ke dalam pikiran-perasaan Anda dan dengan mudah ia akan membukakan fakta blueprint dari model dunia Anda saat ini.
Sehingga menjadi lebih mudah bagi Anda – dan saya – untuk menjadi tuan bagi diri sendiri, yakni dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan respon yang kita inginkan.  Maka berhati-hatilah dalam berkata-kata, sebab ia akan menjadi program dalam pikiran-perasaan Anda.
By.Ronny FR

0 comments:

Post a Comment